Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Burung Puter Terpopuler Di Tahun 2021

Mendengar kata burung puter, tentu tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat dan sahabat pecinta burung anggungan di indonesia. Khususnya di pulau jawa dan bali yang sudah di kenal sejak jaman dulu.karena dengan suaranya yang khas dan mudah dalam pemeliharaannya, juga sangat mudah di jinakkan serta diperkembang biyakkan. 

Sampai sekarangpun burung puter masih banyak ditemukan di alam liar, dan hingga saat ini masyarakat indonesia masih banyak yang memelihara dan membudidayakan burung puter dalam berbagai jenis.

Jenis - Jenis Burung Puter
Jenis - Jenis Burung Puter 

Bagi sahabat yang masih baru mengenal burung puter atau penghobi baru, tentu sahabat masih bertanya-tanya, apa aja sih jenis-jenis burung puter yang sangat populer di kalangan masyarakat indonesia hingga saat ini. Oleh karena itu kami dari KIACAUUHU akan memberikan informasi kepada sahabat, tentang jenis-jenis burung puter yang ada di indonesia.

Baca juga : cara merawat burung puter serta jenis pakan burung puter yang bagus

Sebelum kita memasuki dalam pembahasan tentang jenis-jenis burung puter, kami juga akan memberikan sekilas informasi yang wajib sahabat ketahui sebelum memelihara burung puter. Yaitu tentang keistimewaan dan manfaat burung puter bagi pemiliknya, berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki burung puter :

  •  Burung puter di percaya memiliki manfaat, bisa mendatangkan rejeki yang tetap mengalir atau muter bagi pemiliknya.
  •   Burung puter  juga bisa membawa ketentraman hati pemiliknya karena anggungannya yang merdu, dan hawa di rumahpun menjadi terasa sangat nyaman. Maka dari itu burung puter jenis sangat cocok di pelihara di teras rumah.
  •   Selain itu burung puter dapat di jadikan sebagai pertanda waktu ketika malam hari, karena burung tersebut akan manggung pada saat putaran jam.
  •   Burung puter juga bisa di jadikan lahan usaha, karena burung puter sangat mudah untuk di ternak, selain itu burung puter juga memilik harga jual yang tinggi dalam segi jenis burung dan kualitas suara.

Setelah sahabat mengetahui tentang manfaat memelihara burung puter, berikut ini adalah jenis-jenis burung puter yang ada di indonesia, yang wajib sahabat ketahui. sebelum sahabat merawat burung puter :

1. Burung Puter Lokal / Biasa (Streptopelia risoria)

Burung Puter Lokal
Burung Puter Lokal
Jenis burung yang satu ini sangat sering disebut dengan puter lokal atau puter biasa. Burung puter lokal memiliki warna coklat cerah dan ada juga yang memiliki warna merah bata, dan suara anggungannya pendek dan datar. 

Ciri lain dari burung puter ini yaitu panjang tubuhnya sekitar 24 - 29 cm, selain itu terdapat bulu warna hitam di lehernya yang melingkar seperti cincin, dan di kenal dengan Ring-Neck Dove. Sebenarnya burung puter jenis ini paling mudah beradaptasi dibandingkan burung puter jenis lain, dan burung puter lokal paling suka memakan sejenis biji-bijian.

2. Burung Puter Putih Atau Albino

Burung Puter Putih
Burung Puter Putih 
Kebanyakan orang menyebutkan burung puter jenis ini adalah puter putih atau albino,sebenarnya burung puter jenis ini sama dengan burung puter lokal. 

Hanya saja burung puter putih atau albino mengalami mutasi atau perubahan gen burung, sehingga menyebabkan perubahan pada warna bulu yang berwarna putih dan kelopak mata berwarna merah, hanya saja suara anggungannya sama dengan burung puter lokal, dan makanannyapun juga sama yaitu biji-bijian.

3. Burung Puter Irak (Steptopelia Risoria)

Burung Puter Irak
Burung Puter Irak
Dilihat dari segi bentuk fisik ukuran badan dan suara yang hampir sama dengan puter biasa, sama halnya dengan puter putih yang mengalami mutasi perubahan gen burung. 

Ciri yang sangat membedakan anatara puter lokal (biasa,) puter putih (albino) dan puter irak yaitu pada warna bulu pada sang burung. Warna burung puter irak lebih bervariasi, karena  pola warnanya merah bata tua dan ada juga warna cokelat keputih-putihan, dan terdapat warna putih di leher yang melingkar seperti cincin.

4. Burung Puter Pelung

Burung Puter Pelung
     Burung Puter Pelung
Burung puter jenis ini sebenarnya juga banyak kemiripan dengan puter lokal, mulai dari fisiknya, besar tubuh, warna bulu, bentuk kaki dan paruh. 

Hanya saja perbedaan yang paling mendasar pada burung puter pelung yaitu terletak pada suaranya, jika puter lokal memiliki suara yang pendek dan datar, namun burung puter pelung memiliki suara anggungan yang mengalun panjang, santai dan tetap berirama. Dan burung puter yang satu ini paling sering di buat kontes burung anggungan, karena suara anggungannya yang berkuwalitas dan mengalun panjang.

5.  Burung Puter Dederuk Jawa / puter lumut / Puter Ori

Burung Puter Dederuk Jawa
Burung Puter Dederuk Jawa
Dari sekian jenis burung puter, burung puter yang satu ini sering disebut dengan nama puter geni, karena dengan warna bulu di badannya cenderung merah bata, dan bulu warna hitam yang berkombinasi dengan warna putih di lehernya yang melingkar seperti cincin. Bulu bagian kepala sedikit keabu-abuan, iris mata berwarna jingga, dan kakinya berwarna merah. 

Serta suara anggungannya ada yang bercengkok 3 nada seperti layaknya burung puter biasa, kadang juga ada yang bercengkok 2 nada saja.

Baca Juga : Jenis - jenis burung perkutut beserta katuranggan jawanya

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung anggungan, tentang jenis-jenis burung puter dan manfaat burung puter bagi pemiliknya. 

Hal ini sangatlah perlu diingat bahwa ketika sahabat masih baru atau awam dalam mengenal burung puter dalam berbagai jenis burung puter yang ada di atas, pilihlah anakan yang dijual di peternak yang terpercaya, dan sudah terkenal di kalangan burung anggungan. 

Dan juga sahabat harus memberikan perawatan dan makanan yang bernutrisi kepada burung puter kesayangan anda supaya cepat bongkar, dan agar cepat manggung serta  mendapatkan hasil yang maksimal. Semogo informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi sahabat pecinta burung anggungan.

terimakasih