Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa by kicauhuu

Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung anggungan yang sudah banyak dikenal dikalangan masyarakat sejak dulu. Burung perkutut tidak hanya di temukan di indonesia, burung perkutut juga banyak ditemukan di seluruh negara seperti  negara Australia, Malaysia, Singapore, dan Thailand. 

Di negara-negara lain penyebutan burung perkutut juga berbeda-beda, begitu juga sama halnya dengan burung perkutut yang ada di indonesia. Ada 31 jenis burung perkutut berdasarkan katuranggan jawa, dan memiliki mitos yang selalu di kaitkan dengan hal gaib.

Jenis - Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa
Jenis - Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa
Bagi sahabat pencinta burung anggungan yang baru mengenal burung perkutut, pasti  sahabat belum tau arti dari katuranggan, dan apa saja Jenis- Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa, dan seperti apa mitos-mitos yang selalu di kaitkan dengan hal gaib pada burung perkutut.  Oleh karena itu kami dari KIAUUHU akan membahas tentang jenis-jenis perkutut katuranggan.

Sebelum membahas tentang Jenis - Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa, kami juga akan memberikan informasi tentang jenis-jenis burung perkutut yang tersebar di seluruh dunia :

  • Burung Perkutut Lokal (Geopelia Striata Striata) : Burung perkutut jenis ini sering disebut dengan burung perkutut lokal yang berasal dari jawa, bali, dan sumatra, dan ada juga yang menyebutnya perkutut hawaii.
  • Burung Perkutut Sumba (Geopelia Striata Maungeus) : Burung perkutut jenis ini sering disebut dengan burung perkutut sumba , karena burung tersebut bersal dari sumba, sumbawa, dan pulau timor. Ciri-ciri burung ini sangat mirip dengan perkutut lokal.
  • Burung Perkutut Placida (Geopelia Striata Placida) : Habitat asli burung perkutut jenis ini berasal dari Papua dan Australia.
  • Burung Perkutut Audacis (Geopelia Striata Audacis) : Habitat asli burung perkutut jenis ini berasal dari kepulauan kei dan tanibar.
  • Burung Perkutut Papua (Geopelia Striata Papua) : Habitat asli burung perkutut jenis ini berasal dari Papua (irian jaya dan papua nugini).
  • Burung Perkutut Clelaudi (Geopelia Striata Clelaudi) : Habitat asli burung perkutut jenis berasal dari Australia Barat.
  • Burung Perkutut Tranqulia (Geopelia Striata Tranqulia) : Burung perkutut jenis ini banyak dijumpai di  Australia Tengah.

Dalam dunia burung anggungan, burung perkutut terdapat istilah katuranggan yang sering diartikan sebagai ciri mathi atau ciri bentuk badan tertentu yang bisa berpengaruh (baik dan buruk) pada sang pemilik. 

Pada intinya, yang memelihara jenis burung perkutut bertuah dengan ciri tubuh tertentu, maka kehidupannya tidak jauh dari katuranggan yang dimiliki burung perkutut tersebut.

Sahabat, kita harus ingat bahwa hal ini hanya mitos yang belum tentu benar. Tapi tidak ada salahnya kita mengetahui burung perkutut seperti apa yang dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Berikut Jenis- Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa, mitos dan ciri-cirinya :

Jenis Burung Perkutut Katurangganggan Yang Membawa Keberuntungkan 

1. Burung Perkutut Songgo Ratu: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri jambul pada kepalanya dan bagian kakinya berwarna agak sedikit gelap. 

Menurut cerita jaman dulu burung perkutut songgo ratu adalah merupakan burung  perkutut milik putra raja dari bali. Dan mitosnya,  bagi siapa saja yang memilikya, derajat dan pangkatnya akan naik, serta memberikan kesan berwibawa.

2. Burung Perkutut Lurah: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri garis hitam pekat di bagian belakang leher dan bulu-bulu sayapnya berwarna agak merah kecoklatan. Dan mitosnya, burung perkutut lurah dapat membawa banyak rejeki.

3. Burung Perkutut Pendawa Mijil: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri bulu pada ekornya berjumlah 15 lembar. Dan mitosnya, perkutut mijil mampu membawa kewibawaan bagi pemiliknya.

4. Burung Perkutut Daringan: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri garis-garis hitam di bagian leher yang menyambung tanpa putus. 

Dan mitosnya, burung perkutut daringan  merupakan burung bertuah (mempunyai kesaktian untuk mendapatkan untung dan keselamatan) bagi keluarga suami dan istri.

5. Burung Perkutut Sri Mangumpel: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri ibu jari kakinya berwarna putih atau dua kuku jari yang putih. Dan mitosnya, barang siapa yang memiliki burung perkutut jenis ini maka keluarganya selalu sehat dan cita-citanya banyak yang terkabulkan.

6. Burung Perkutut Widaksana Gasti: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri yaitu dari waktu manggungnya yang lama, serta halus dan merdu. Dan mitos bagi pemilik burung perkutut widaksana gasti yaitu  mudah mencapai cita-cita dan banyak rejeki.

7. Burung Perkutut Purnomo Sidhi: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada warna bulunya berwarna kemerah-merahan seperti permata. Dan mitosnya burung perkutut purnomo sidhi untuk menjujung tinggi kewibawaan dan mendapatkan kerhormatan.

8. Burung Perkutut Misti Kanya: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri di bagian badan atau seluruh badan bewarna putih. Dan mitosnya perkutut misti kanya baik untuk para raja atau pemimpin karena membawa keselamatan.

9. Burung Perkutut Candra Sabda: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri warna bulu di bagian pundak berwarna putih. Dan mitosnya bagi pemilik burung perkutut candra sabda bisa memikat seseorang serta membawa suasana gembira.

10. Burung Perkutut Rupo Cahyo: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri warna bulunya mengkilat bercahaya. Dan mitosnya burung perkutut rupo cahyo membawa kedamaian dan kegembiraan.

11. Burung Perkutut Sangga Buana: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri dipunggungnya ada sehelai bulu bewarna putih. Dan mitosnya siapa saja yang memilikinya akan mendapat rejeki (asal jangan ada bulu ekor yang tidak sejajar dengan yang lain, misalnya tidak lurus atau upnormal ).

12. Burung Perkutut Udan Mas: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri bulu berwarna coklat muda atau krem , serta bulu yang melingkar berwarna kekuning-kuningan. Dan mitosnya burung perkutut udan mas mampu mendatangkan keselamatan, kegembiraan dan rejeki .

13. Burung Perkutut Satria Kinayungan: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri di tengah kepalanya terdapat bulu berwarna putih. Dan mitosnya burung perkutut satria kinayungan dapat menaikkan derajat atau pangkat serta kewibawaan seseorang.

14. Burung Perkutut Mercuci: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri matanya bewarna kuning dan sipit atau wayang bambangan. Dan mitosnya bagi pemilik burung perkutut mercuci bakal di akrabi banyak orang dan banyak rejeki.

15. Burung Perkutut Satria Mercu Jiwa: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri matanya bewarna kuning dan bulu sekitar pantat juga kuning. Dan mitosnya burung ini mempunyai pengaruh yang sangat besar, baik dipelihara raja atau pemimpin.

16. Burung Perkutut Satria Muncis: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri bentuk badannya kecil dan memanjang. Dan Mitosnya burung perkutut satria muncis baik di pelihara oleh raja atau pemimpin.

17. Burung Perkutut Gedong Mengo: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri angungannya menyongsong terbitnya matahari. Dan mitosnya bagi sang pemilik burung perkutut jenis ini banyak di berikan rejeki dan keselamatan.

18. Burung Perkutut Mineb Gedong: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri anggungannya menyongsong terbenamnya matahari. Dan mitosnya bagi pemiliknya akan kecukupan dan menguntungkan dalam berdagang.

19. Burung Perkutut Gendawa Sabda: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada anggunganya keras dan merdu. Dan mitosnya bagi pemiliknya akan mendapatkan banyak rejeki, keluarga tenang dan tentram.

20. Burung Perkutut Wisnu Murti: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri kaki, mata, dan paruh bewarna hitam. Dan mitosnya burung perkutut ini mempunyai pengaruh kewibawaan.

21. Burung Perkutut Wisnu Wicitra: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri bulunya bewarna merah kehitam-hitaman. Dan mitosnya burung wisnu wicitra untuk mendapatkan keselamatan dan banyak rejeki.

22. Burung Perkutut Kusuma Wicrita: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri warna paruh dan sisik kaki berwarna keputih-putihan. Mitosnya siapa saja yang memelihara burung perkutut jenis ini, maka cita-citanya akan mudah tercapai dan rejekinya melimpah.

Jenis Burung Perkutut Katurangganggan Yang Membawa Kesengsaraan:

1. Burung Perkutut Buntel Mayit: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri masing-masing sayapnya ada bulu berwarna putih. Dan mitosnya burung perkutut buntel mayit dapat mendatangkan mala petaka.

2. Burung Perkutut Brahma Labuh Geni: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada bulunya berwarna kemerah-meraham tidak merata. Dan mitosnya burung perkutut labuh geni akan mendatangkan halangan dan jauh dari rejeki.

3. Burung Perkutut Wisnu Tinudang: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada bulunya berwarna kehitam-hitaman dan tidak merata. Dan mitosnya burung perkutut jenis ini akan mempersulit rejeki dan cita-cita bagi pemiliknya.

4. Burung Perkutut Brahma Kukup: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada bulunya berwarna keputih-putihan dari kepala sampai ekornya. Dan mitosnya perkutut brahma kukup bisa mendatangkan sial bagi pemiliknya.

5. Burung Perkutut Brahma Suku: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada bulu berwarna kemerah-merahan. Dan mitosnya burung perkutut brahma suku sering mendatangkan penyakit pada pemiliknya.

6. Burung Perkutut Lembu Rawan: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada bulunya ‘brumbung’ tidak tumbuh dengan sempurna. Dan mitosnya burung perkutut jenis ini mendatangkan penyakit, kesulitan dan jauh dari rejeki.

7. Burung Perkutut Kelabang Kapipit: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada sayap bagian dalam ketika di rentangkan terdapat bulu berwarna putih. 

Dan mitosnya siapa saja yang memelihara burung perkutut kelambang kapipit dapat mendapatkan banyak halangan serta mendatangkan berbagai macam penyakit.

8. Burung Perkutut Wdurga nguwuh: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri hanya akan manggung pada tengah malam. Dan mitosnya jika burung perkutut jenis ini di pelihara maka akan banyak mendatangkan halangan seperti sering sakit, rumah tangganya kacau atau sering kekurangan.

9. Burung Perkutut Durga Ngerik: Burung perkutut jenis ini memiliki ciri pada burung ini akan hanya manggung pada siang hari dan terus-menerus. 

Dan mitosnya  siapa saja yang memiliki burung perkutut durga ngerik, maka akan dijauhkan dari rejeki dan keluarganya tak akur.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung anggungan, tentang jenis- Jenis Burung Perkutut Dalam Katuranggan Jawa. 

Dan perlu di ingat hal ini hanya mitos atau kepercayaan masyarakat saja. Kita harus percaya segala sesuatu di dunia ini sudah di atur Tuhan Yang Maha Esa. Jadi sahabat pecinta burung perkutut jangan terlalu percaya dengan hal-hal tersebut.

Sekian pembahasan dari kami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sahabat pecinta burung perkutut, atas perhatiannya kami ucapkan trimakasih.

Baca juga: filosofi dan mitos burung puter lokal