Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Burung Murai Batu Terpopuler Di Gantangan By KICAUHUU

Burung murai batu atau dalam bahasa latin sering disebut dengan copsychus malabaricus. burung ini sendiri sudah tidak asing lagi di indonesia khusus nya untuk para penggemar burung kicauan, daya tarik pada burung murai batu adalah pada suara kicauan nya dan juga warna bulu nya yang indah. banyak yang memelihara murai untuk lomba, hanya sebagai peliharaan di rumah atau bahkan untuk di ternak, tapi biasa nya lebih sering untuk di lombakan.

jenis jenis burung murai batu
jenis jenis burung murai batu

Popularitas burung murai khusus nya di indonesia sudah tidak bisa di ragukan lagi, dapat di lihat dari banyak nya lomba kontes dari berbagai penjuru di indonesia. tak hayal burung murai batu juga memiliki harga yang sangat fantastis apalagi burung murai batu yang sudah sering juara. banyak kicau mania yang rela merogoh kocek dalam untuk membeli burung murai karena membeli burung murai batu juga bisa di katakan sebagai investasi karena jika di rawat dengan benar dan burung gacor atau bahkan menang lomba hal itu dapat membuat harga nya naik beberapa kali lipat.

Di indonesia sendiri burung murai batu memiliki beberapa jenis tergantung asal burung murai tersebut. biasa nya kaum awam hanya tau murai batu medan atau kalimantan dan borneo. di artikel kali ini saya akan memberikan sedikit wawasan mengenai jenis-jenis burung murai batu yang paling populer di indonesia. mari langsung saja kempebahasan nya saja.

Jenis Jenis Burung Murai Batu Terpopuler Di Gantangan

·  Murai Batu Borneo

Burung murai batu borneo dapat di temukan dalam 3 ras yaitu banjar, mahkota dan palangka. ketiga nya tersebar di beberapa wilayah kalimantan. dan ukuran murai batu borneo cukup mungil di bandingkan dengan jenis burung murai batu lain nya. daya tarik murai batu borneo adalah bulu nya yang khas khusus nya di bagian ekor nya.

·  Murai Batu Nias

Sesuai dengan nama nya jenis burung murai batu ini berasal dari nias sumatra utara. burung murai batu nias memiliki suara kicauan yang khas sehingga dalam lomba biasa nya bersaing dengan burung murai batu medan. karena suara nya yang jernih dan juga keras. murai batu nias juga sering di juluki totohua.

·  Murai Batu Medan

Mungkin di indonesia jenis murai batu ini lah yang bisa di katakan yang paling populer, karena bukan hanya suara kicau an nya saja yang istimewa namun ke istimewan lain yaitu ekor nya yang dapat tumbuh hinggah 30 cm. selain itu burung murai batu medan juga di kenal memiliki karakter petarung. yang membedakan burung murai batu medan dan nias hanyalah ukuran nya saja yang lebih besar.

·  Murai Batu Lampung

Burung murai batu lampung mempunyai ukuran tubuh yang tidak jauh beda dengan murai batu medan, hanya saja ekor burung murai batu medan lebih pendek. burung murai batu medan juga mempunyai suara kicauan yang lantang dan juga mempunyai stamina yang tinggi. burung murai batu lampung pun juga sangat cocok untuk di lombakan.

·  Murai Batu Jawa

Sebenar nya murai jenis ini sudah bisa di bilang langka, dapat dilihat dari sudah jarang nya di ikut sertakan pada lomba. keistimewaan dari murai batu jawa yaitu saat berkicau bulu dan kepala nya akan berdiri dengan tegak membentuk semacam jambul yang terlihat gagah saat di pandang.

·  Murai Batu Irian

Meski bernama murai irian, di indonesia burung murai batu irian bisa di temukan di pulau jawa, sumatra, dan bali. daya tarik murai jenis ini buukan hanya dari suara kicauan nya tetapi juga pada warna bulu nya yang hijau pualam yang indah saat di pandang. ukuran tubuh murai jenis ini cukup mungil dengan ukuran tubuh sekitar 35 cm yang sudah termasuk dengan bulu nya.

·  Murai Batu Kalimantan

Mungkin jenis murai batu yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan pecinta burung di indonesia. namun mungkin burung ini bukan primadona bagi kicau mania di banding kan dengan burung murai batu medan, nias atau pun lampung. namun murai jenis ini juga memiliki keunggualan yaitu stamina tinggi yang dapat membuat kicauan nya selalu stabil. yang menarik dari burung murai batu kalimantan yaitu ekor nya yang pendek sekitar 15-20 cm, dan warna nya yang kontras serta didominasi warna hitam pekat dan coklat muda.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai, mengenal jenis jenis burung murai batu di indonesia yang paling populer, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, sekian dan terimakasih.