Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sangat Ampuh!! Cara Mengatasi Burung Kacer Over Birahi Tinggi - By Kicauhuu

Mengatasi Burung Kacer Over Birahi - Birahi burung kacer sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, khusus nya para pecinta burung kicauan atau biasa di sebut dengan kicau mania. burung ini banyak di buru oleh orang karena memiliki suara kicauan yang sangat merdu, bukan hanya kicauan nya saja namun burung kacer juga memiliki warna bulu yang sangat indah yang tak kalah dengan jenis burung lain nya.

cara mengatasi burung kacer over birahi
cara mengatasi burung kacer over birahi

Di indonesia sendiri burung kacer memiliki beberapa jenis seperti burung kacer poci, kacer lokal/jawa, kacer kalimantan, kacar blorok dan lain nya. pada dasar nya burung kacer saat ini tidak begitu banyak seperti saat tahun 1980 sampai 1990 an. pada masa itu sebenar nya mudah sekali untuk di ketemukan seperti di area sawah, perkebunan dan padang rumput, tapi semakin kesini sudah sangat jarang menemukan burung kacer di tempat-tempat seperti itu karena jumlah nya yang semakin berkurang.

merawat burung kacer bisa dikatakan mudah-mudah sulit karena sifat nya yang petarung jika cara perawatan nya tidak benar maka dapat menyebabkan setres atau bahkan sakit. untuk anda yang memelihara burung kacer tentu saja tidak ingin burung anda mengalami suatu masalah sedikit pun. dan jika burung kacer anda mengalami beberapa masalah maka anda juga harus cepat tanggap dalam mengatasi nya. seperti misal permasalahan over birahi maka anda harus secepat mungkin mencari tau cara mengatasi nya.

biasa nya over birahi pada burung kacer sendiri penyebab nya sangat beragam mulai dari pakan, atau salah dalam metode perawatan nya. oleh sebab itu, untuk mencegah burung kacer anda over birahi maka anda harus merawat burung kacer anda dengan baik dan sangat jeli.

kondisi over birahi pada burung kacer mungkin bisa saja membuat anda pusing memikir kan nya apalagi burung kacer tersebut kesayangan anda. karena over birahi ini pun juga tidak mudah untuk di sembuhkan, memerlukan waktu yang sangat lama untuk memulihkan nya. dan di artikel kali ini saya akan sedikit sharing mengenai Cara Mengatasi burung Kacer Over Birahi tinggi. mari langsung saja kepembahasan nya berikut cara-cara mengatasi nya dengan benar.

Baca juga : cara mengatasi burung cendet miyik agar gacor kembali

Cara Mengatasi burung Kacer Over Birahi Tinggi

·  Lakukan Pengembunan Secara Rutin

Saat burung kacer mengalami over birahi, pengembunan sangat perlu untuk di lakukan secara rutin. karena pengembunan dapat membantu mengembalikan kestabilan birahi pada burung kacer. dan untuk pengembunan ini usahakan lakukan saat menjelang subuh. keluarkan burung lalu taruh di tempat penjemuran untuk di embun-embunkan, sebaik nya tempat pengembunan nya ini tidak ada atap atau langsung di bawah langit.

·   Tambah Frekuensi Mandi

Lalu hal selanjutnya yang dapat di lakukan saat burung kacer over birahi yaitu menambah frekuensi mandi nya. apabila biasa nya burung kacer di mandikan dua hari sekali, dan saat over birahi usahakan memandikan nya lebih sering. ketika over birahi anda bisa memandikan nya setiap hari atau bahkan dua kali sehari. hal ini bertujuan agar kestabilan burung cepat kembali pulih.

·  Stop Pemberian Telur Kroto

Saat burung kacer mengalami over birahi sebaik nya pemberian telur kroto di berhentikan terlebih dahulu. dan apabila pada saat burung mengalami over birahi anda tetap memberikan telur kroto kemungkinan besar hal tersebut dapat menyebabkan sulit untuk disembuh kan. seperti di ketahui telur kroto sangat kaya akan protein begitu tinggi yang dapat menaik kan birahi pada burung.

·  Berikan Ulat Bambu

Seperti hal nya dengan cacing, ulat bambu juga dapat menurunkan birahi pada burung, karena sifat nya yang sangat dingin. anda juga dapat mencoba memberikan nya dalam seminggu sekali, dengan catatan pemberian ulat bambu tidak berlebihan karena dapat meyebabkan konstipasi pada burung.

·  Ganti Voer Yang Berprotein Rendah

Ketika burung kacer megalami over birahi anda juga dapat mengganti voer dengan voer yang berprotein yang lebih rendah namun juga harus tetap yang berkualitas. usahakan mencari voer yang mempunyai kandungan protein sekitar 14 % saja. karena biasa nya voer yang memiliki kandungan protein tinggi juga berpengaruh pada birahi burung.

·  Kurangi Pemberian Jangkrik

Saat burung kacer mengalami over birahi usahakan kurangi pemberian jangkrik. karena jangkrik juga mempunyai sumber protein tinggi yang dapat meningkatkan birahi pada burung. dan segera mungkin kurangi jumlah pemberian jangkrik secara perlahan dan bertahap dari jumlah pemberian rutin pada setiap hari nya. dan jika over birahi burung tidak kunjung sembuh, stop total dulu pemberian jangkrik nya.

Baca juga : Cara beternak burung cucak ijo yang tepat agar cepat produk

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai, Cara Mengatasi burung Kacer Over Birahi Tinggi, semoga artikel ini dapat membantu anda ketika burung kacer kesayangan anda sedang mengalami over birahi. sekian dan terimakasih