Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Murai Batu Yang Memiliki Mental Juara By Kicauhuu

Pasti semua kalangan pecinta burung kicauan sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini yaitu,burung murai batu atau dalam bahasa latin di sebut dengan (Copsychus Malabaricus). burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan juga memiliki bulu-bulu yang indah.bukan soal kicauan dan bulu nya saja yang indah tapi burung murai batu juga memiliki daya tarik pada ekor nya yang panjang nan elegan.

ciri-ciri murai batu mental juara
ciri-ciri murai batu mental juara

Biasa nya banyak yang memilihara burung ini untuk lomba kontes kicauan dan tak sedikit pula yang memelihara nya untuk di ternak. karena burung murai batu memiliki harga nilai jual yang tinggi sehingga banyak yang memilihara burung ini sebagai hobi sembari ber bisnis. tak hayal burung ini memiliki harga yang fantastis dari puluhan hingga ratusan juta,apalagi burung murai batu yang sudah sering juara kontes lomba maka harga nya pun bisa sampai 300 jt an bahkan lebih.

Jika anda berminat memilihara burung murai batu untuk lomba kontes kicauan maka ketahui lah dulu ciri-ciri murai yang berkualitas bagus untuk lomba, agar anda tidak salah dalam memilih saat akan membeli burung murai batu nya. karena sangat sayang sekali jika anda asal-asal an dalam memilih nya.

Dan di artikel kali ini saya akan membagi kan Ciri-Ciri Burung Murai Batu Yang Memiliki Mental JuaraMari langsung saja ke pembahasan nya :

Cara Memilih Murai Batu Yang Memiliki Mental Juara

1. Paruh

Hal pertama yang harus anda perhatikan saat akan membeli burung murai batu yang berkualitas adalah perhatikan pada paruh nya, biasa nya burung murai yang berkualitas memiliki paruh yang panjang, lebar dan lurus tidak melengkung.

2. Bentuk Tubuh Yang Ideal

Burung murai batu yang berkualitas juga memiliki bentuk badan yang ideal. tubuh burung murai batu yang ideal tampak serasi antara badan, kaki, dan ekor nya. inti nya tidak terlihat menonjol di salah satu bagian nya saja.

3. Ekor Yang Panjang

Perhatikan bentuk pada ekor, biasa nya burung murai batu yang bekualitas bagus memiliki ekor yang panjang.entah mitos atau fakta, banyak yang mempercayai jika ekor burung murai yang panjang dapat memiliki dampak atau pengaruh dalam suara kicauan nya.

4. Bentuk Leher Yang Panjang

Murai batu yang bekualitas bagus juga mempunyai ciri bentuk leher yang panjang ideal. karena bentuk leher yang panjang juga sangat berpengaruh dalam suara kicau nya. leher yang panjang dapat membantu burung murai bernafas lebih panjang, maka suara yang di hasil kan juga akan sangat berkualitas.

5. Sayap Rapat

Ciri selanjut nya yaitu mempunyai sayap yang rapat, rapi, tegap, tidak longgar, nglembreh, dan renggang.

6. Gerakan nya Lincah

Dalam membeli burung murai batu usahakan cari murai yang memiliki gerakan lincah. karena burung murai batu yang memiliki gerakan lincah menandakan kalau murai tersebut sehat, stamina kuat, petarung, dan memiliki mental juara.

7.Cengkraman Kaki Kuat

Murai batu yang memiliki kualitas bagus mempunyai ciri cengkraman kaki yang kuat. biasa nya burung mencengkram tangkringan dengan kuat dan tidak mengambang. dan mitos nya lagi jika burung murai batu memiliki kaki berwana coklat agak hitam, burung tersebut memiliki mental yang sangat kuat saat gantangan.

8. Mata

Hal ini biasa nya jarang di perhatikan oleh banyak orang saat ingin membeli burung murai batu. padahal hal ini juga sangat penting dalam memilih ciri burung murai batu yang berkualitas bagus. usahakan cari murai yang memiliki bentuk mata yang bulat, pandangan tajam dan tidak sayu. hal ini dapat juga di artikan bahwa burung murai batu yang memiliki bentuk sorot mata tajam, biasa nya murai tersebut bermental galak.

9. Suara Nyaring Dan Keras

Hal terakhir yang perlu di perhatikan yaitu suara nya. suara burung murai batu yang berkualitas bagus memiliki nada yang keras, nyaring, terkesan tidak lirih dan tidak serak.

 Baca : cara perawatan burung murai batu agar cepat gacor

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Ciri-Ciri Burung Murai Batu Yang Memiliki Mental Juara.semoga bemanfaat dan menambah wawasan anda.terimakasih