Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Ciblek Gunung Yang Akurat

Ciri - Ciri Burung Cigun Jantan Dan Betina - Burung ciblek gunung atau yang akrap di kenal dengan cigun, burung ini adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki postur tubuh kecil. Burung cigun sendiri banyak dipelihara oleh para sahabat kicau mania yang biasanya untuk dijadikan burung masteran. 

Burung ciblek gunung / cigun memiliki ciri khas tersendiri dalam segi suara kicaunya, yaitu dengan suara kicau tembakan yang panjang dan rapat. Sehingga burung ini sangat cocok untuk masteran burung - burung kicau yang lainnya, terutama jenis burung yang termasuk dalam kategori lomba seperti  burung murai batu (MB), burung cucak ijo (CI), burung kacer, burung cendet, dan burung yang lainnya.

perbedaan burung cigun jantan dan betina
perbedaan burung cigun jantan dan betina

Akan tetapi sangatlah perlu diketahui bahwa hanya burung ciblek gunung/cigun berjenis kelamin jantan lah yang memiliki suara kicau tembakan panjang, rapat dan lantang. Maka dari itu sebelum sahabat kicau mania memelihara burung ciblek gunung / cigun, alangkah baiknya sahabat terlebih dahulu mengetahui tentang Ciri – Ciri Perbedaan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Ciblek Gunung. 

Burung ciblek gunung / cigun yang berjenis kelamin jantan bisa lebih cepat gacor dengan suara kicaunya yang lantang dan bervariasi, jika di bandingkan dengan burung cigun yang berjenis kelamin betina.

Bagi sahabat kiacau mania yang baru memelihara burung ciblek gunung / cigun, tentu akan merasa sedikit kesulitan untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina, karena burung tersebut memiliki ciri fisik yang hampir sama pada jantan dan betina. Meskipun terlihat sama, jika diperhatikan dengan teliti pada burung ciblek gunung / cigun, ada beberapa ciri yang bisa membedakan antara cigun jantan dan betina. 

Beberapa Ciri – Ciri Perbedaan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Ciblek Gunung Yang Akurat.

Ciri-Ciri Burung Ciblek Gunung Berjenis Kelamin Jantan

ciri - ciri burung cigun jantan
ciri - ciri burung cigun jantan

1. Dilihat dari postur tubuh, Burung ciblek gunung jantan bodi tubuhnya lebih besar, panjang dan berdiri tegap.

2. Burung ciblek gunung / cigun yang berjenis kelamin jantan memiliki warna bulu coklat tua di seluruh tubuhnya, dan warnanya  agak lebih gelap jika dibandingkan dengan burung cliblek gunung / cigun betina terutama bulu di bagian dada.

3. Bentuk kepala Burung ciblek gunung / cigun jantan lebih besar dan memiliki garis-garis di kepala yang lebih jelas.

4. warna paruh yang dimiliki Burung ciblek gunung / cigun berjenis kelamin jantan cenderung lebih hitam, terutama pada burung ciblek gunung yang sudah beranjak usia dewasa.

5. Dibagian dalam mulut / pauh Burung ciblek gunung berjenis kelamin jantan berwarna agak kehitam-hitaman.

6. Pada ekornya, Burung ciblek gunung / cigun jantan lebih panjang dibandingkan dengan sang betina.

7. Dan dibagian dubur bentuknya cenderung agak kecil dan cukup panjang.

8. Burung ciblek gunung jantan memiliki suara kicau tembakan yang ngerol panjang.

Ciri-Ciri Burung Ciblek Gunung Berjenis Kelamin Betina

ciri - ciri burung cigun betina
ciri - ciri burung cigun betina

1. Burung ciblek gunung / cigun betina memiliki postur tubuh lebih kecil dan pendek, serta ekor yang lebih pendek dibandingkan sang jantan.

2. Burung ciblek gunung / cigun betina memiliki warna bulu yang lebih cerah.

3. Pada paruh di bagian bawah Burung ciblek gunung betina berwarna cerah atau agak keputihan.

4. Dibagian dalam rongga mulut Burung ciblek gunung betina memiliki warna yang lebih cerah atau agak kekuningan.

5. Suara kicauan burung ciblek gunung betina tidak ngerol seperti sang jantan.

Nah, itulah sedikit pembahasan dan informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung kicau, tentang Ciri – Ciri Perbedaan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Ciblek Gunung Yang Akurat.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sahabat pecinta burung kicau, atas perhatiannya kami ucapkan trimakasih.

Baca juga di : Membedakan tledekan gunung dan tledekan bakau paling akurat