Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri - Ciri Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi By Kicahuu

Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi - Burung Ciblek merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki postur tubuh yang kecil, burung ciblek hingga saat ini masih sangat di gemari oleh pecinta burung kicau, meskipun tidak setenar dulu lagi. Di karenakan sudah semakin jarang diadakannya lomba untuk kelas burung ciblek, maka dari itu popularitasnya semakin menurun.

Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi
 Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi 

Meskipun burung ciblek tidak setenar dimasanya, burung ciblek tetap memiliki penggemar yang sangat fanatik. Karena burung ciblek memiliki suara yang sangat lantang, padat, dan rapat, biasanya para sahabat kicau mania menyebutnya dengan istilah ngebren. Kebanyakan sahabat kicau mania memelihara burung ciblek hanya untuk dijadikan sebagai burung masteran saja, seperti halnya untuk menambah variasi isian burung-burung kicau yang untuk lomba seperti burung kacer, burung cucak ijo, burung murai batu, burung cendet, dan burung kicau jenis lainnya.

Baca juga : cara perawatan tledekan gunung agar cepat nyuling gacor

Ada dua jenis burung ciblek yang banyak minati dan banyak dipelihara oleh para sahabat kicau mania, baik untuk tujuan lomba atau hanya dijadikan untuk burung masteran saja, yaitu Ciblek Kristal (cikris) dan Ciblek Semi (cisem).

Dengan sekilas mata kedua jenis burung ciblek tersebut sangatlah mirip, baik dari bentuk fisik maupun segi suara kicauannya. Akan tetapi menurut sebagian pecinta burung ciblek, dari segi kualitas suara kicauanya burung ciblek kristal lebih unggul dibandingkan dengan burung ciblek semi, dan harga jual di pasaran pun juga lebih tinggi dari burung ciblek semi.

Bagi sahabat pecinta burung ciblek baru atau pemula, untuk mengenali Ciri – Ciri Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi tentu akan sangat sulit. Oleh karena kami dari KICAUUHU akan membantu sahabat dalam permasalahan terbut.

Walaupun kedua burung tersebut terlihat sangat mirip, akan tetapi jika di perhatikan dengan sangat detail, sebenarmya ada beberapa ciri-ciri yang cukup jelas yang membedakan antara burung ciblek kristal dan burung ciblek semi. 

Ciri - Ciri Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek Semi

  Burung Ciblek Kristal

Burung Ciblek Kristal
  Burung Ciblek Kristal

Burung ciblek kristal memiliki warna bulu pada dada tampak putih bersih sampai pada bagian perut, dan ada serabut berwarna hitam yang cukup dominan dibagian bulu pada dadanya. Dari segi kualitas kicaunya, burung ciblek kristal cenderung lebih nyaring, lebih tajam dan tembakan ngebrennya lebih rapat, serta memiliki mental figther yang tangguh.

      Burung Ciblek Semi

Burung Ciblek Semi
      Burung Ciblek Semi

Sedangkan burung ciblek semi memiliki warna bulu dibagian dada tampak berwarna putih dengan sedikit semburat warna hitam dan sedikit warna kekuningan pada bulu bagian sekitar perut. Dari segi kualitas suara kicaunya burung ciblek semi, tidak senyaring dan setajam burung ciblek kristal. Dan tembakan kerapatan ngebrennya pun masih kalah jauh dengan ciblek kristal, serta mental figther dari burung ciblek semi kurang tangguh jika dibandingakan dengan burung ciblek kristal.

Nah, itulah sedikit pembahasan dan informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung kicau, khususnya pecinta burung ciblek pemula atau baru. Tentang Ciri – Ciri Perbedaan Ciblek Kristal Dan Ciblek semi.  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sahabat pecinta burung kicau (kicau mania), atas perhatiannya kami ucapkan trimakasih.

baca juga : cara mengatasi burung kacer over birahi paling cepat dan ampuh