Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membedakan Tledekan Gunung Dan Tledekan Bakau Dengan Mudah Dan Akurat

Burung tledekan merupakan burung petarung sebagaimana juga burung kacer, cucak hijau dan murai batu. burung ini mempunyai sifat petarung yang akan muncul seiring bertambahnya umur dan tingkat birahi. 

burung tledekan mempunyai suara yang sangat enak di dengar, dengan ciri khas siulannya yang sangat nyaring serta keras. burung ini juga sangat mudah untuk di pelihara, karna itulah para penggemarnya tidak mudah untuk pindah hati.

Membedakan tledekan gunung dan tledekan bakau
Membedakan tledekan gunung dan tledekan bakau

sekarang ini popularitas burung tledekan mulai beranjak naik, khususnya tledekan gunung/lokal. banyak sekali orang yang mencari burung fighter ini untuk di jadikan gaco di perlombaan ataupun hanya sekedar untuk koleksi. akan tetapi sangat di sayangkan burung tledekan gunung populasi di alam bebas sudah tinggal sedikit dan hampir punah. itu semua di karenakan banyaknya permintaan pasar terhadap burung ini sehingga orang orang berbondong-bondong untuk mengakapnya di hutan.

untuk mengakali itu semua sekarang ini banyak kios kios burung yang menjual burung tledekan bakau yang notabennya hampir sama dengan burung tledekan gunung/lokal. kenapa? karena burung tledekan bakau memiliki suara dan ciri fisik yang hampir sama dengan tledekan gunung, selain itu tledekan bakau populasi di alam bebas masih cukup banyak dan sanggup memenuhi kebutuhan pasar yang banyak.

jadi saat mau membeli burung tledekan di pasar jangan sampai terkecoh ya? sudah banyak kejadian di luar sana, ketika membeli burung tledekan dari pasar yang katanya tledekan gunung, ternyata setelah sampai rumah dan di amati dengan jeli ternyata tledekan bakau.

berikut ini, kami akan memberikan ciri-ciri yang mungkin dapat membantu anda dalam membedakan burung tledekan gunung dan tledekan bakau. sehingga tidak salah lagi dalam memilih burung tledekan gunung dan tledekan bakau.simak

Ciri-Ciri Tledekan Gunung / Sulingan Gunung

  • memiliki tubuh yang cenderung besar.
  • memiliki warna putih dari perut sampai pangkal ekor.
  • memiliki suara yang bervariasi serta lantang.
  • warna orange di bagian dada lebih tegas dari pada tledekan bakau.
  • bulu hitam di bagian bawah paruh jaraknya sangat dekat dengan paruh dan hampir tembus ke paruh.(lebih jelas lihat gambar di atas)
  • jika masih trotol atau lepas trotol, warna helay bulu pada sayap cenderung berwarna coklat bukan biru.

Ciri-Ciri Tledekan Bakau

  • memiliki tubuh yang cenderung lebih kecil.
  • memiliki bulu orange dari perut sampai pangkal ekor.
  • memiliki suara yang kurang lantang, dan cenderung lebih pelan. namun jika sudah gacor ngeplong burung ini tidak kalah dengan tledekan gunung.
  • warna orange di dada, cenderung lebih kusam.
  • bentuk v pada bagian atas kepala, cenderung lebih samar-samar. serta bulu hitam bagian bawah paruh lebih tebal atau tidak tembus dengan paruh.
  • jika tledekan bakau masih trotol atau lepas trotol, warna helay bulu pada sayapnya cenderung berwarna biru bukan coklat.

itulah beberapa ciri-ciri tledekan gunung dan tledekan bakau, anda harus teliti dan jeli dalam memilih burung tledekan agar tidak salah pilih. lakukan cara-cara di atas dengan benar agar burung tledekan yang anda pilih sesuai harapan anda. semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.terimakasih