Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong Yang Tepat - Terbukti Ampuh

Mengatasi burung kacer mbagong, tentu hal tersebut tidak mudah dilakukan para pecinta burung kacer baru atau pemula. Istilah mbagong sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung kacer, mbagong adalah perilaku yang unik dan alami pada burung kacer yang mengembangkan tubuhnya seperti balon. 

Mbagong pasti akan terjadi pada semua jenis burung kacer, hal ini terjadi karena berbagai macam faktor seperti kalah mental dalam kontes, over birahi, atau baru selesai ganti bulu.

Burung kacer yang mengalami mbagong memiliki penampilan yang kurang bagus bila dipandang, suara kicauannya pun jadi kurang merdu. Burung kacer yang mbagong dapat diketahui dengan ciri-ciri tubuhnya mengembang seperti balon, kepalanya mendongak seperti kuda laut, ekor menekuk ke bawah, dan suara kicau yang kurang merdu (tidak bervariasi). 

Jika ciri-ciri tersebut sudah terjadi pada burung kacer kesayangan sahabat, maka hurus segera dilakukan tindakan dan perawatan yang khusus. Kalau tidak segera ditangani akan terjadi hal yang sangat fatal pada burung kacer kesayangan sahabat.

Bagi sahabat kicau mania yang baru memelihara burung kacer dan mengalami istilah mbagong yang pertama kali, sahabat tidak usah bingung karena kami dari KICAUHU akan memberikan sedikit informasi tentang  Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong Yang Tepat - Terbukti Ampuh. Terlebih dahulu sahabat harus mengetahui faktor-faktor penyebab burung kacer yang mengalami istilah mbagong, sebagai berikut:


kacer mbagong
kacer mbagong

Penyebab Burung Kacer Mbagong

1. Kondisi burung kacer tidak terlalu sehat.
2. Terlalu memaksakan burung kacer untuk naik birahi.
3. Melakukan perawatan pada burung kacer yang kurang konsisten dan kurang tepat.
4. Burung kacer bertemu dengan lawan sejenis yang sangat tangguh, dan kalah mental.

Setelah mengetahui beberapa macam faktor penyebab burung kacer yang mengalami mbagong.

Berikut ini adalah Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong Yang Tepat- Terbukti Ampuh:

1. Memulihkan Kondisi Burung Kacer

Ketika burung kacer yang sedang sakit atau kondisinya yang kurang fit, hal itu bisa mengakibatkan burung kacer sering mbagong. Maka dari itu menjaga kesehatan burung kacer merupakan hal yang sangat penting dan perlu di perhatikan, seperti kebersihan kandang dan memberi pakan yang tepat.

Untuk burung kacer yang sedang terserang penyakit cukup di berikan makanan alaminya, seperti  kroto, jangkrik, belalang, orong-orong, ulat bambu, ulat hongkong dan cacing tanah. Makanan alami burung kacer yang memiliki beberapa manfaat, yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga padat melancarkan sistem pencernaan.

2. Melakukan Pemandian Yang Teratur Pada Burung Kacer

Untuk kebersihan pada tubuh burung juga perlu diperhatikan, karena masing-masing burung mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Maka dari itu sahabat harus menyesuaikan tingkah laku sang burung yang kita pelihara, jika burung kacer yang kita pelihara sering mandi sendiri, maka di dalam sangkar cukup disediakan wadah di yang berisi air untuk mandi sang burung. Dan sebaliknya jika burung kacer yang kita pelihara tidak suka memandikan dirinya sendiri, maka lakukanlah penyemprotan air bersih pada burung dengan menggunakan sprayer yang dilakukan setiap hari, dan melakukan penjemuran pada jam 8-10 pagi.

3. Pengurangan Pemberian Pakan Tambahan / Extra Fooding (EF)

Pemberian pakan tambahan extra fooding (EF) yang berlebihan akan sangat berpengaruh untuk kondisi burung kacer yang menyebabkan mbagong. Ketika burung kacer sedang mengalami mbagong sebaiknya melakukan pengurangan pada pemberian pakan extra fooding yang dilakukan selama 5 hari, setelah 5 hari bisa menambahkan porsi extra fooding dengan perlahan sampai burung kacer tidak mbagong lagi. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada burung kacer yang sahabat pelihara, sahabat hanya perlu melukukan hal-hal yang perlu dilakukan, seperti beberapa poin-poin di atas secara rutin, dan juga harus konsisten dalam hal tersebut.

 Nah, itulah sedikit pembahasan dan informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung kicau, tentang Cara Mengatasi Burung Kacer Mbagong Yang Tepat- Terbukti Ampuh. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sahabat pecinta burung kicau khususnya burung kacer, atas perhatiannya kami ucapkan trimakasih.