Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Pada Burung Kacer Trotolan

assalamualaikum wr.wb 

berjumpa lagi dengan kami di webset kicauhuu,kali ini kami akan membahas permasalahan anda mengenai cara membedakan jenis kelamin burung kacer jantan dan betina trotolan.

Burung kacer sangat di gemari para pecinta burung kicau di indonesia, karena suara kicaunya yang merdu dan memiliki warna bulu yang menarik dengan kombinasi warna hitam dan putih di bagian tubuhnya. 

Ketika ingin memelihara burung kacer, alangkah baiknya sahabat memeliharanya dari anakan atau trotolan yang berjenis kelamin jantan. Karena memelihara burung kacer yang masih muda akan memudahkan kita dalam proses pembentukan kualitas suara kicau pada burung tersebut. 

Yang pada dasarnya ketika burung yang umurnya masih muda atau trotolan merupakan burung yang masih polos dalam segi berkicau, dan burung yang masih muda juga sangat mudah mengingat dan menirukan suara kicaun burung jenis lain ataupun masteran yang akan kita berikan.

membedakan burung kacer jantan dan betina
membedakan burung kacer jantan dan betina

Untuk burung kacer yang bisa menghasilkan suara kicau yang merdu dan berkualitas tinggi, hal tersebut terletak pada burung kacer yang berjenis kelamin jantan. 

Karena burung kacer berjenis kelamin jantan memiliki jiwa petarung yang tangguh, dan juga dapat dengan mudah menirukan masteran suara kicauan burung yang di berikan. Maka dari itu membekan jenis kelamin jantan dan betina pada burung kacer merupaka hal yang sangat penting dilakukan,

 Untuk Membedakan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Pada Burung Kacer Trotolan tentu akan sedikit sulit bagi pecinta burung kacer pemula atau baru, karena burung kacer jantan dan betina memiliki perbedaan bentuk fisik yang sulit di pahami. 

Oleh karena itu kami dari KICAUHU akan memberikan sedikit informasi tentang  Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Burung Kacer Trotolan.  Burung kacer jantan dan betina tentu memiliki ciri-ciri fisik tersendiri, berikut ini adalah ciri-cirnya :

Ciri Fisik Burung Kacer Jantan Trotolan:

kacer jantan
kacer jantan

1. Pada bagian kepala berbentuk persegi dan agak cepak atau datar.
2. Bagian lidah terdapat 1-2 bintik-bintik hitam.
3. Paruh bagian bawah berbentuk huruf V dengan warna hitam pekat, dan bentuk paruhnya agak pendek.
4. Memiliki bulu bagian dada dan punggung berwarna hitam pekat.
5. Body tubuh tampak tegap dan langsing.
6. Warna bulu bagian sayap tampak lebih hitam.

Ciri Fisik Burung Kacer Betina Trotolan:

kacer betina
kacer betina

1. Pada bagian kepala berbentuk lonjong, bulat dan tampak berisi.
2. Bagian lidah tidak ada bintik-bintik hitam.
3. Paruh bagian bawah juga berbentuk huruf V dengan warna hitam pudar (cenderung berwarna abu-abu), dan bentuk paruh lebih panjang dibandingkan dengan sang jantan
4.  Memiliki bulu bagian dada dan punggung berwarna abu-abu serta bentuknya agak menonjol.
5. Body tubuh cenderung agak besar dan bulat.
6. Bulu bagian sayap berwarna hitam, tetapi tidak sehitam seperti sang jantan.

Nah, itulah sedikit pembahasan dan informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung kicau, khususnya pecinta burung kacer pemula atau baru. Tentang Cara Membedakan Jenis Kelamin Jantan Dan Betina Burung Kacer Trotolan.  

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sahabat pecinta burung kicau, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

baca juga : cara perawatan burung murai batu trotol dengan baik dan benar