Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

Burung kolibri merupakan burung kecil yang memiliki ukuran panjang 6,4 cm dan memiliki bulu yang berwarna cerah. burung ini sebagian besar habitatnya berada di amerika utara dan amerika selatan. selain itu burung kolibri atau burung madu juga banyak tersebar di wilayah indonesia dalam beragam jenis. salah satu burung kicau jenis ini juga sudah ada yang ditetapkan sebagai hewan yang di lindungi.

bagi sahabat kicau mania tentu sudah sangat mengenal dengan burung kolibri atau burung madu, karena burung kolibri sangat populer di kalangan masyarakat, khususnya pecinta burung kicau di indonesia. burung kolibri sangat di minati masyarakat karena memiliki pola warna bulu yang unik dan suara yang merdu. oleh karena itu burung kolibri sering di jadikan sebagai burung kontes.

Asal sahabat kicau mania tau, kepopuleran burung kolibri tidak hanya di kenal di indonesia saja. namun juga sampai ke manca negara dan seluruh dunia dalam bermacan-macam jenis. Untuk lebih mengenal lagi  seperti apa Jenis-Jenis Burung Kolibri Di Indonesia, kami dari KICAUHU akan mengajak sahabat untuk menyimak bersama-sama tentang jenis dan ciri-ciri burung kolibri.

  

Jenis-Jenis Burung Kolibri Di Indonesia
Jenis-Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

Sebelum kita menuju ke pembahasan Jenis-Jenis Burung Kolibri Di Indonesia. sahabat juga harus tau terlebih dahulu, ketika ingin memelihara burung kolibri. sahabat harus mengerti sifat-sifat burung kolibri terlebih dahulu. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada keselamatan dan kesehatan sang burung. ketika sahabat melakukan kesalahan dalam pemelihan pakan dan pemeliharaan itu akan berakibat fatal.

Pada dasarnya burung kolibri merupakan salah satu burung pemakan nektar. dan makanan utama burung kolibri adalah serbuk sari yang manis. Mereka menggunakan lidahnya yang panjang untuk menjilat nektar yang berada di dalam bunga. Selain nektar mereka juga termasuk burung karnivora, meskipun hanya memakan serangga-serangga kecil.

Begitulah salah satu sifat yang di miliki burung kolibri. jika sahabat masih bingung tentang pemilihan pakan yang tepat untuk burung kolibri dan cara perawatannya klik link di bawa ini.

Baca : cara perawatan harian burung kolibri

Jenis-Jenis Burung Kolibri Di Indonesia.

  •  Kolibri Ninja (konin)

Kolibri Ninja (konin)
Kolibri Ninja (konin)
Burung kolibri ninja (laptocoma sperata) juga memiliki sebutan beberapa nama diberbagai daerah, di daerah Jawa Barat dikenal dengan kolibri tasik dan di daerah Jawa Tengah terutama di solo dikenal dengan sebutan nama kolibri raja.

Populasi  burung kolibri jenis ini banyak ditemukan di pinggir hutan yang memiliki ketinggian 200m dpl. Selain itu burung konin juga sering di temukan di daerah hutan karet dan juga di daerah pesisir pantai.

Kolibri ninja memiliki ciri-ciri ukuran tubuh yang kecil hanya berukuran 10cm,dan lebih kecil jika dibandingkan dengan kolibri kelapa. Untuk kolibri jantan memiliki ciri yang khas yaitu dengan warna topi hijau metalik, bagian leher berwarna ungu dan bagian dada memiliki bulu berwarna merah coklat dan abu-abu.

  • King konin (LeptocomaCalcostetha)

King konin (LeptocomaCalcostetha)
 King konin (LeptocomaCalcostetha)
Burung kolibri jenis ini berhabitat di hutan mangrove di tepi hutan, rawa-rawa serta tersebar luas sampai ketinggian 250 mdpl. Burung king konin memiliki beberapa cirik fisik di tubuhnya, pada sang jantan memiliki ciri yaitu ukuran tubuh yang sedang sekitar 13 cm, memiliki warna bulu kehitaman pada bagian tubuh, dan dada berwarna ungu serta memiliki strip kumis dan pada bagian dada atas atau tenggorokan berwarna tembaga gelap mengkilap. 

Sedangkan sang betina memiliki ciri bulu pada bagian tenggorokan keputih-putihan, bulu pada puggung berwarna zaitun,warna bulu abu-abu pada bagian kepala, dan bulu pada perut berwarna kuning dan ekornya bagian bawah berwarna putih.

  • Kolibri kelapa (manggar)

Kolibri kelapa (manggar)
Kolibri kelapa (manggar)
Burung kolibri kelapa / manggar (Anthreptes malacensis) adalah salah satu jenis burung kolibri yang memiliki postur tubuh yang sedang yaitu 13cm. Burung ini banyak di jumpai di hutan mangrove, tepatnya di perkebunan kelapa dan daerah tepi pantai.

Kolibri kelapa memiliki paruh yang lebih besar dibandingkan dengan kolibri jenis lainnya, dan dari segi suarapun tidak jauh berbeda dengan jenis kolibri lainnya, namun kolibri kelapa memiliki ciri yang khas pada besetan yang rapat, melengking dan cukup lantang.

Untuk ciri burung kelapa jantan memiliki warna mahkota yang bersinar, sedangkan bagian penutup sayap bewarna ungu cerah. Bagian pipi dan dagu berwarna coklat dan bagian bawah berwarna kuning. Untuk ciri burung kolibri betina yaitu warna tubuh bagian atas yang hijau zaitun , dan tubuh bagian bawah berwarna kuning seperti halnya si pejantan.

  • Kolibri Sepah Raja

Kolibri Sepah Raja
   Kolibri Sepah Raja
Burung sepah raja memiliki sesuatu kelebihan yang tidak dimiliki burung kolibri jenis lain, yaitu memiliki kekebalan tubuh yang sangat kuat dan memiliki ciri warna yang khas. Untuk ukuran tubuh kolibri sepah raja tergolong sedang yaitu 13cm.

Burung kolibri jenis ini untuk yang jantan memiliki ciri warna bulu yang terang, bulu bagian dahi dan bagian ekor pendek berawarna ungu, dan bagian perut terlihat warna abu yang tergolong gelap. Dan burung kolibri sepah raja betina memiliki ciri warna pada bulu hijau zitun gelap dan terlihat buram dan tidak berwarna merah seperti pejantan.

Populasi kolibri sepah raja berada di kawasan hutan tropis, di perkebunan, dan sering di pohon cery karena burung ini sangat senang mencri makan denagn menghisab saari bunga cery.

  • Kolibri Wulung / Muncang (Athreptes Singalensis)

Kolibri Wulung / Muncang (Athreptes Singalensis)
Kolibri Wulung / Muncang (Athreptes Singalensis)
Jenis burung kolibri yang satu sangat dikenal sebagai burung petarung, karena mempunyai mental yang sangat kuat. Untuk ukuran tubuh kolibri wulung tergolong kecil hanya 10 cm saja.

Kolibri wulung jantan mimiliki ciri khas warna bulu pada bagian mahkota dan bagian atas tubuh hijau tua dan mengkilap, bagian pipi yang berwarna merah, bagian leher dan dada berwarna coklat. Sedangkan untuk kolibri wulung betina memiliki ciri warna bulu pada tubuh hijau zaitun.

Habitat asli dari burung kolibri jenis ini adalah di kaki gunung dan suka berpindah-pindah untuk menuju ketempat yang lebih tinggi. Hidupnya bergerombol dan suka memakan serangga-serangga kecil sepeerti ulat dan madu seperti burung kolibri jenis lainnya.

  • Kolibri Black Sunbird

Kolibri Black Sunbird
 Kolibri Black Sunbird
Burung kolibri jenis ini memiliki postur tubuh tergolong kecil karena ukurannya 11 cm. Jenis kolibri black sunbrid untuk saat ini sedang banyak dicari oleh pecinta burung kicau di indonesia, karena warna bulu yang khas dan suara kicaunya merdu dan populasinyapun mulai turun, oleh sebab itu harga jual burung kolibri jenis ini relatif mahal.

Untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina sangatlah mudah. Perbedaan kelamin jantan dan betina terletak dari warna bulu di tubuh, jika jantan memiliki bulu berwarna yang berkilau ungu kebiruan, sedangkan betina justru memiliki warna abu-abu pada bulu kepala dan bulu perut warna kuning.

  • Kolibri Sriganti / Sogok Ontong (Nectarinia Jugularis)

Kolibri Sriganti / Sogok Ontong (Nectarinia Jugularis)
Kolibri Sriganti / Sogok Ontong (Nectarinia Jugularis)
Burung kolibri sogok ontong memiliki ukuran tubuh yang kecil antara 8-10 cm. Habitat salah satu burung kolibri jenis ini adalah di perkarangan, perkebunan maupun hutan magrove.

Dari segi warna jenis kolibri sogok ontong, sang jantan memiliki ciri warna bulu tubuh bagian bawah berwarna kuning cerah, bagian dagu dan dada berwarna ungu mengkilat, serta bulu pada bagian punggung berwarna hijau. 

Untuk burung kolibri sogok ontong jenis kelamin betina memiliki ciri warna bulu kuning muda dan tidak ada warna ungu pada bulu dagu maupun bulu dada.

  • Kolibri Matari (Cinnrys Colaris)
Kolibri Matari (Cinnrys Colaris)
 Kolibri Matari (Cinnrys Colaris)
Burung kolibri jenis ini memiliki postur tubuh tergolong berukuran kecil yang hanya 11 cm saja, atau setara denganbesar ibu jari orang dewasa. Burung kolibri matari tergolong satwa endemik karena hanya ditemukan di Nusa Tenggara dan di Flores saja.

Ciri perbedaan kelamin jantan dan betina teletak pada warna bulu, sang pejantan lebih mengkilap dibandingkan dengan betina.

  • Kolibri Gunung / Merak

Kolibri Gunung / Merak
Kolibri Gunung / Merak
Burung kolibri jenis ini sering dikenal dengan kolibri gunung karena habitatnya di pegungan atau dataran tinggi. Burung kolibri gunung  hanya ditemukan di pulau jawa, oleh karena itu burung ini termasuk dalam katagori satwa endemik yang tidak ditemukan di daerah lain salain di Pulau Jawa.

  •  Kolibri Sangihe

Kolibri Sangihe
 Kolibri Sangihe
Jenis burung kolibri yang satu ini merupakan satwa asli dari kepulauan Sngihe Sulawesi Utara, dan hanya dapat ditemukan di gunung Sahendaruman. Burung kolibri sangihe memiliki postur tubuh yang tergolong sedang, karena tubuhnya berukuran 12 cm tidak jauh berbeda dengan jenis kolibri gunung.

  •  Kolibri Ekor Merah

Kolibri Ekor Merah
Kolibri Ekor Merah
Burung ini dinamakan brurung kolibri ekor merah, karena burung ini memiliki warna bulu yang terdapat pada ekor berwarna merah. Untuk ukuran tubuh burung kolibri ekor merah antara jantan dan betina itu membunyai ukuran yang berbeda, sang jantan memiliki ukuran tubuh sekitar 13 cm, dan sang betina ukuran tubuhnya hanya 10 cm saja. Habitat asli burung kolibri jenis ini berasal dari Sumatra dan Kalimantan.

Burung kolibri ekor merah jenis kelamin jantan memiliki ciri warna bulu pada stubuh berwarna merah, dan pada bulu sayap berwarna kuning dan bagian bulunekor berwarna merah. Sedang untuk betina bulu di bagian tubuh berwarna coklat dan bagian bagian bawah berwarna kuning.

  • Kolibri Leher Merah

Kolibri Leher Merah
Kolibri Leher Merah
Kolibri leher merah banyak ditemukan di daerah hutan tropis yang memiliki ketinggian 500 mdpl. Burung kolibri jenis ini memilik postur tubuh yang tergolong sedang berukuran sekitar 12 cm.

Burung kolibri leher merah pada jenis kelamin jantan memiliki ciri warna pada bulu tubuh bagian atas berwarna hijau yang cukup mengkilap, sedangkan tubuh bagian bawah memiliki warna bulu kuning kusam.

Dan untuk burung kolibri jenis kelamin betina memiliki warna bulu pada tubuh berwarna hijau zaitun, tenggorokan putih, dan tubuh bagian bawah bulunya berwarna kuning pucat, dengan lingkar mata kecil yang berwarna kekuningan.

  • Kolibri Jawa / jago (Aethopyga Mystacalis)

Kolibri Jawa / jago (Aethopyga Mystacalis)
Kolibri Jawa / jago (Aethopyga Mystacalis)
Buring kolibri jenis ini memiliki ukuran  lebih kecil dari kolibri sepah raja kurang lebih berukuran sekitar 11-12 cm. Ciri-ciri dari kolibri Jawa yaitu memiliki mahkota berwarna ungu, bulu kepala merah, tunggir kuning dengan 2strip terlihat menjalar, dan warna bulu pada perut putih bersih dan warna bulu pada ekor berwarna keunguan panjang. Burung kolibri jawa hanya berhabitat disekitar pulau jawa.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat pecinta burung kicau tentang Jenis-Jenis Burung Kolibri Di Indonesia. semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi sahabat pecinta burung kicau, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.