Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ciri - Ciri Burung Cabai Bunga Api/Kemade Bunga Api

Burung cabai bunga api memang sedikit asing di sebagian kalangan kicau mania.yang lebih mengenal burung kemade merah/karsen dari pada burung cabai bunga api ini. 

itu dikarenakan burung cabai bunga api jarang terlihat, tidak seperti halnya burung kemade merah yang sering terlihat di sekitar pekarangan rumah ataupun di kebon-kebon sekitar tempat tinggal kita.oleh karena hal itu mari kita lebih mengenal burung cabai bunga api ini.

Mengenal Ciri - Ciri Burung Cabai Bunga Api
Mengenal Ciri - Ciri Burung Cabai Bunga Api
burung cabai bunga api memiliki suara yang terbilang merdu dan nyaring.untuk ukuran tubuh dari segala jenis burung cabai sangatlah mirip dengan burung madu yang memiliki ukuran kecil.

burung cabai bunga api adalah jenis burung cabai yang sup spesiesnya dalam jumlah banyak yang tersebar diberbagai daerah di dunia.

jumlah sup spesiesnya yang ada di berbagai daerah di dunia mencapai 17 dengan 5 diantaranya terdapat diwilayah indonesia.
pada umumnya burung cabai bunga api saat di alam liar berada di dataran rendah dan disekitar pegunungan. 

untuk tempat kesukaan burung ini yaitu berada disemak belukar, hutan mangrove, hutan belantara selain itu tinggal di pekarangan rumah-rumah,dan disekitar pegunungan.

habitat burung cabai bunga api ini juga berada di negara filipina, india,bangladesh, myanmar, dan thailand.untuk persebaran burung cabai bunga api di indonesia bisa kita temui dari kepulauan riau,pulau kalimantan,pulau karimata,area pulau sumatra,kepulauan anamba,pulau simeulue dan lainnya.

Ciri - Ciri Burung Cabai Bunga Api

  • memiliki tubuh yang lumayan kecil dan panjang kurang lebih hanya sekitar 8 cm.
  • corak bulu jika dilihat mirip seperti burung tledekan yang cenderung berwarna biru dan berwarna jingga kekuningan.
  • memiliki warna biru tampak menutupi area atas tubuhnya dari mulai kepala,punggung,tengkuk dan sayapnya.
  • warna jingga kekuningan juga merupakan ciri-ciri burung cabai bunga api di sebagian area tubuhnya.seperti pada daerah pangkal perut,area perut,punggung belakang, serta di bagian tunggirnya.
  • terdapat warna putih ke abu-abuan yang terlihat di bagian tenggorokan ,bagian dada,serta bagian sisi sayapnya yang dekat dengan kaki.
  • paruhnya terlihat tebal dengan ukuran yang lumayan panjang.
  • untuk bagian kaki terlihat kurus tapi panjang,memiliki warna yang cenderung kehitaman.
  • burung ini sering mencari makan berupa buah berukuran kecil,benalu,serta serangga-serangga kecil.


itulah beberapa ciri-ciri burung cabai bunga api, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk lebih mengenal burung cabai bunga api ini.sekian dan terimakasih