Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Anakan Trucukan Dari Loloh Sampai Gacor

KICAUHUU - memelihara anakan trucukan dari lolohan memanglah sulit.karena memerlukan ketlatenan dalam pemberian pakannya. jangan sampai anakan trucukan kelaparan dan membuat anakan trucukan mati.

anakan trucukan
makanan anakan trucukan
loloh anak trucukan dengan buah pisang dan jangkrik secukupnya, jangan terlalu banyak dikawatirkan anakan trucukan akan mati kekenyangan. contoh pagi hari loloh anakan trucukan dengan 2 ekor jangkrik dan sedikit pisang, begitu juga saat siang hari beri 2 jangkrik dan sedikit pisang, untuk sore harinya berikan 3 jangkrik dan sedikit pisang. intinya saat sore, beri pakan lolohan anakan trucukan lebih banyak dari pagi dan siangnya, bertujuan agar saat malam hari anakan trucukan bisa instirahat dengan pulas dan tidak meminta loloh lagi.

kalau mau di loloh menggunakan vour juga tidak masalah, yang terpenting saat pemberian vour buat adonan vour sekali makan/loloh habis, agar anakan trucukan tetap sehat.

manfaat memelihara burung trucukan dari anakan adalah kita dapat meseting anakan trucukan sesuai keinginan kita. beda saat kita memelihara trucukan yang sudah dewasa. sangat susah, karena trucukan dewasa biasanya lebih sulit untuk disetting dan dijinakkan, apalagi kalau dibeli dari ombyokan.

untuk anakan trucukan pilihlah yang jantan, karena kicaunnya lebih bagus dan keras dibandingkan dengan betina.

Ciri ciri anakan trucukan jantan

anakan trucukan
ANAKAN TRUCUKAN JANTAN

  • postur tubuh lebih besar dan berisi.
  • matanya terlihat tajam,tidak sayu seperti lagi mengantuk.
  • rongga mulutnya berwarna lebih merah, dibandingkan dengan sibetina.
  • suaranya terdengar lebih keras dan nyaring saat meminta loloh.
  • memiliki postur tubuh yang lebih panjang dari pada sibetina.
kalau sudah mendapatkan anakan trucukan jantan, simak cara-cara dibawah ini agar anakan trucukan cepat besar,dan saat dewasa nanti memiliki suara keras dan memiliki variasi suara yang banyak.

BERIKUT INI CARA AGAR ANAKAN/PIYIK TRUCUKAN ANDA,BERTAHAN HIDUP DAN CEPAT BESAR KEMUDIAN SAAT BESAR NANTI MEMILIKI MATERI YANG BAGUS:

  • PAKAN trucukan yang usianya dibawah 1 minggu,cukup dikasih jangkrik dan pisang kepok.untuk jangkrik kasih bagian perutnya saja kepala dan kakinya dibuang.dan untuk pisang kepok dilumatkan sebelum dilolohkan, celup lumatan pisang kepok kedalam air bersih agar anakan burung trucukan mudah saat menelannya.setelah usia anakan trucukan lebih dari 1 minggu bisa ditambah dengan vour,untuk vour pilih yang halus lalu campur dengan air, jangan terlalu kental agar anakan trucuk mudah menelannya.pemberian vour bertujuan agar anakan burung trucukan terbiasa memakan vour nantinya.setelah usia anakan trucukan di atas 2 minggu, berikan adonan vour sedikit kental agar nantinya anakan trucukan langsung biasa makan vour polosan.untuk jangkrik tetap diberikan secara terpisan,pisang kepok tetap diberikan juga agar anakan trucukan tetap sehat dan pertumbuhannya maksimal.diusia 25-30 harian anakan trucuk mulai mandiri.jadi kita tinggal memberikan vour kering tanpa harus melolohnya lagi.
  • PEMASTERAN untuk pemasteran anakan trucukan.dilakukan saat anakan burung trucukan masih dalam pelolohan, karena pada umur itulah anakan trucukan akan belajar menirukan suara yang berada didekatnya.untuk pemasteran, lakukan pada siang dan malam hari setalah anakan burung trucukan diloloh.adapun cara pemasterannya dengan menggunakan burung masteran ataupun hp mp3.untuk caranya saat siang hari setalah burung diloloh pasti anakan trucukan akan beristirahat, saat itulah waktu yang tepat.dekatkan burung masteran dengan anakan burung trucukan agar anakan trucukan menghafalkan suaranya(lakukan sampai sore hari).kalau menggunakan hp dengan cara memutar mp3 pemasteran lalu dekatkan dengan sangkar anakan burung trucukan,jangan terlalu keras-keras saat pemutarannya cukup samar-samar saja,agar anakan trucukan mudah mehafal suara masteran mp3nya.saat malam hari gunakan pemasteran mengunakan mp3 hp saja,tidak mungkin mengunakan burung pemasteran karena pasti tidak mau bunyi saat malam hari.untuk malam hari lakukan pemasteran sekitar 3 jam saja, kemudian matikan mp3nya agar anakan trucukan istirahat total.
jika nantinya ingin burung trucukan memiliki varisasi suara yang banyak, lakukan pemasteran menggunakan variasi suara lebih dari satu suara burung(misal 5 menit petama putar suara kenari, lalu 5 menit berikunya suara ciblek dan seterusnya, yang terpenting jangan lebih dari 3 variasi suara agar anakan trucukan lebih cepat menangkap suara masterannya).


untuk variasi suara yang mudah dihafal oleh anakan trucukan adalah kenari, ciblek, cililin, kacer, dll. yang terpenting tidak memasteri dengan suara burung yang berbunyi mengunakan suara dalam perut(seperti derkuku dan perkutut).

setelah anakan trucukan mabung pertama, disitulah biasanya burung trucukan akan ngriwik mengeluarkan suara masteran yang telah mereka tangkap.