Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina Paling Akurat

Burung sirtu atau burung cipoh merupakan salah satu burung kecil,yang mempunyai ciri-ciri fisik dan suara sangat mudah untuk dikenali. dari ciri fisik dan suaranya burung sirtu sangat mudah untuk dibedakan jenis kelaminnya.

sebelum menuju pembahasan cara membedakan burung sirtu jantan dan betina. mari kita terlebih dahulu mengenali jenis dan ciri-ciri burung sirtu dari segi umum tanpa melihat jenis kelaminnya.

Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina
Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina

burung sirtu memiliki beberapa jenis yaitu sirtu kacat, sirtu besar, sirtu jantung dan sirtu ekor putih.walaupun begitu, dalam hal suara burung sirtu tetaplah burung sirtu yang mempunyai suara khas berupa siulan panjang, yang diakhiri dengan penekanan pada suaranya. berikut ciri dan jenis burung sirtu.

Jenis Burung Sirtu Beserta Ciri - Ciri Fisiknya

1. Burung Sirtu Kacat

burung sirtu ini memeliki ciri-ciri, berukuran 14 cm pada saat dewasa, memiliki warna bulu kuning kehijau-hijauan dan memiliki variasi warna hitam dan putih dibagian sayapnya, serta memiliki warna paruh hitam ke abu-abu, dan warna kaki abu-abu gelap.

2. Burung Sirtu Besar

burung sirtu ini memiliki ciri-ciri,warna bulu dominan kuning terang dibagian bawah paruh, leher, perut, dada hingga kebawah ekor. sedangkan dibagian atas kepala, tengkuk dan sayap burung sirtu besar dominan berwarna hijau zaitun.

3. Burung Sirtu Jantung

burung sirtu ini memiliki ciri-ciri,seperti burung sirtu kacat.namun warnanya sedikit lebih hijau gelap, dan garis pada sayapnya cenderung lebih kekuningan.

4. Burung Sirtu Ekor Putih

burung sirtu ini memiliki ciri-ciri,seperti burung sirtu kacat namun memiliki warna ekor putih bersih dengan variasi warna hitam di kedua samping ekornya.

Setelah anda mengetahui jenis-jenis burung sirtu,mari kita beralih kepembahasan utama cara membedakan sirtu jantan dan betina. saat anda memelihara burung sirtu usahakan pilih sirtu berjenis kelamin jantan, karena memiliki suara siulan yang sangat keras dan panjang dari pada burung sirtu betina.berikut pembahasaanya.

Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina Paling Akurat

Untuk mengetahui jenis kelamin dari burung sirtu sebenarnya dapat dilihat dari bulunya, jika terlihat lebih mengkilap sudah dapat dipastikan burung sirtu itu jantan.sedangkan untuk sirtu betina warna bulunya cenderung lebih kusam. untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini.

Ciri-Ciri Burung Sirtu Jantan

  • suara lantang dan variatif.
  • warna bulu terlihat lebih tegas dan terang.
  • variasi warna garis putih disayap lebih tegas/jelas.
  • cara berdiri tegap dan gagah.
  • tubuh terlihat ramping dan panjang.
  • memiliki ukuran kepala lebih besar.
  • rongga mulut berwarna hitam jelas.
Ciri-Ciri Burung Sirtu Betina
  • suara kicaunnya cenderung pelan dan terdengar monoton.
  • bulu cenderung tampak lebih kusam.
  • variasi warna garis putih disayap terlihat samar-samar.
  • ketika berdiri tidak tegap dan gagah seperti sirtu jantan.
  • bentuk tubuh cenderung lebih pendek dan bulat.
  • memiliki ukuran kepala yang kecil.
  • rongga mulut berwarna kemerah-merahan.

dari perbedaan diatas, yang masih paling banyak digunakan kalangan kicau mania adalah dengan cara melihat kusam tidaknya warna bulu burung sirtu. akan tetapi dengan cara melihat kusam tidaknya warna bulu untuk menentukan jenis kelamin burung sirtu,sangat sulit diterapkan untuk burung sirtu bakalan.

sedangkan untuk melihat jenis kelamin burung sirtu bakalan, anda bisa menggunakan cara melihat perilaku pada ekor dan suaranya. jika burung sirtu bakalan tersebut sering menutup ekornya serta kerap berkicau seperti siulan, sudah dapat dipastikan burung itu berjenis kelamin jantan.sedangkan untuk betina, bulu ekornya tampak mengembang dan jarang berkicau menyerupai siulan.

Demikian yang dapat saya informasikan,tentang Cara Membedakan Burung Sirtu Jantan Dan Betina. semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. 

terimakasih