Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Membuat Burung Cendet Nagen Berdiri Tegak Angka 1

Cara Membuat Cendet Nagen Berdiri Tegak - Burung cendet merupakan salah satu burung predator dan juga burung petarung. meskipun burung ini adalah burung predator namun sejatinya burung cendet adalah burung pemakan belalang, serangga besar, kumbang dan serangga-serangga kecil.

tetapi tidak jarang burung cendet juga memangsa burung lain alias kanibal. habitat dari burung cendet di daerah terbuka, padang rumput, pegunungan ataupun kebun-kebun. tersebar sampai ketinggian 1.600 m dpl.

burung cendet hampir dapat dijumpai menyebar diseluruh indonesia, burung cendet mempunyai gaya berkicau berdiri tegak sepeti angka 1 alias nagen. saat digantangan, mungkin anda sering melihat burung cendet yang berkicau dengan gaya berdiri tegak seperti angka 1.

selain itu anda pasti pernah melihat burung cendet yang saat lomba tidak bisa anteng di tangkringannya, alias kebanyaan loncat dan salto saat berkicau. permasalahan tersebut membuat pemilik burung cendet risau, dikarenakan juri kontes pasti akan lebih melihat cendet yang berbunyi dengan ateng dan tetap pada tangkringannya, dan juga memberikan nilai yang lebih bagus.

permasalahan burung tidak nagen saat diperlombaan biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti burung sedang mengalami birahi tinggi, setingan pemberian ef pada saat gantangan kurang pas, perawatan harian burung cendet kurang tepat.

Cara Ampuh Membuat Burung Cendet Nagen
Cara Ampuh Membuat Burung Cendet Nagen 

Setingan agar burung cendet berdiri tegak saat perlombaan tentunya bukan merupakan kebetulan. yang mana burung tersebut telah diatur dengan setelan tersebut dan dapat menjamin burung nagen saat dilombakan. dan umumnya setelan untuk menjadikan burung cendet nagen saat diperlombakan banyak sekali jenisnya.

hal tersebut tergantung dengan karakter burung cendet karena setiap burung cendet memiliki karakter berbeda beda. salah satu cara membuat burung nagen dengan cepat ditangkringan adalah dengan cara memahami pengaturan pemberian ef yang anda berikan tentunya sudah sesuai dengan karakter burung cendet tersebut.

Burung Cendet Berdiri Tegak/Nagen

burung cendet nagen merupakan hal biasa, sebab termasuk dari burung cendet saat berkicau. gaya nagen burung cendet biasanya akan keluar ketika bersandingan dengan musuh-musuhnya. atau gaya tersebut keluar ketika burung cendet melihat orang asing yang jarang dilihatnya. tidak semua burung cendet bisa nagen, ada beberapa burung cendet yang tidak bisa berdiri dengan tegak, dengan demikian cenderung ke arah depan saat berkicau.

untuk sebagian orang gaya burung cendet saat berkicau cenderung ke arah depan, tentu kurang memberikan kepuasan. sebab belum menujukkan gaya cendet sesungguhnya.akan tetapi sepanjang perlombaan burung tersebut bekerja dengan baik tentu tidak menjadi masalah yang berarti.

Cara Ampuh Membuat Burung Cendet Nagen Berdiri Tegak Angka 1

cendet yang tidak bisa nagen biasanya disebabkan oleh 2 faktor yaitu masalah ginetik dan stelan menu.

seperti pepatah mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. seperti halnya burung cendet ini, jika ada memiliki burung cendet dari indukan yang tidak bisa nagen dapat dipastikan burung tersebut sulit untuk nagen, adapun kemungkinan untuk nagen sangat kecil.

sedangkan masalah setelan menu, burung cendet tidak dapat nagen dikarenakan setelan menu yang kurang.dengan demikian, cendet tidak bisa ngotot.

oleh karena itu, untuk membuat burung anda nagen/berdiri tegak. buatlah burung anda ngotot dengan cara menambah porsi ef sampai pada ukuran ideal. jangan terlalu banyak saat pemberian ef karena dapat membuat burung cendet anda polah dan salto, bahkan burung akan mencabuti bulunya sendiri.

setelah menemukan porsi ef yang dirasa pas. nantinya burung cendet akan berkicau dengan baik. bahkan bisa sampai tanpa jeda dan ngotot. dengan seperti itu burung cendet dapat nagen/berdiri tegak seperti angka 1.

namun juga tak terkalahkan dengan kondisi burung cendet, paling tidak burung sudah lepas trotol, apalagi burung masih sangat muda. pastinya cara ini belum bisa membuat burung cendet nagen bediri tegak.

Baca Juga : cara mengatasi burung lovebird ngeruji

demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara ampuh membuat burung cendet nagen berdiri tegak angka 1, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.terimakasih